Jadwal Imsakiyah Kabupaten Cilacap Senin 18 Mei 2020

by

CILACAP.INFO – Tidak terasa, puasa ramadhan 1441 Hijriah akan memasuki hari yang ke-25 pada Senin (18 Mei 2020). Adapun terkait hal ini, maka kami akan memberikan informasi mengenai Waktu Sholat atau bisa disebut Imsakiyah yang meliputi Imsak dan Buka Puasa.

Sebelum itu, guna memberitahukan perihal jadwal imsakiyah pada hari Senin ini. Yaitu meliputi wilayah kecamatan yang terdapat di wilayah tersebut, juga destinasi wisata dan kuliner. Namun sebelumnya mari simak beberapa hal mengenai puasa dan niatnya.

Puasa Bagi Umat Muslim adalah Wajib

Bagi Umat Muslim, Puasa Ramadhan adalah kewajiban, Puasa Ramadhan bagi Umat Muslim dilakukan setiap satu tahun sekali dan selama satu bulan penuh.

Adapun ayat Al Qur’an yang menerangkan tentang Puasa Ramadhan yakni pada Surah Al Baqarah ayat ke 183, bahwasanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah 2 : 183)

Selain itu Puasa juga didahului dengan niat, niatnya adalah sebagai berikut!

Bacaan niat puasa

Sebelum memulai puasa, umat muslim dianjurkan untuk membaca niatnya terlebih dahulu, biasanya doa niat puasa juga dibacakan saat sholat tarawih selesai dan dibaca bersama-sama.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’ala.

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Apa itu Saum atau Puasa, Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta menahan diri dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa.