Pesayangan Pusat Kerajinan Knalpot di Purbalingga

by
id-ID

PURBALINGGA, KANAL BANYUMASAN – Di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah selain dikenal pengekspor rambut bulu mata palsu, juga tumbuh berkembang industri knalpot sebagai alternatif suku cadang murah.

Bagi andapecinta otomotif, segeralah berkunjung ke Pesayangan, Purbalingga. Anda temukan kegiatan masyarakat Klasemenengah, Pengrajin Knalpot. Berbagaijenis knalpot tersedia di sini, dari mobil, motor, aneka racing hingga variasi lainnya yang berbahandari karet.

Menjuarai seluruh Jawa, dikenal di wilayah nusantara dan dilirik pengusaha asingsudah menjadi hal yang biasa. Kualitasnya dapat ditandingi dengan produk pabrik yang original. Bahandasar knalpot dipakai menggunakanpelat yang berkualitas.

Adapun terbagi menjadi plat stainless, galvanis, dan biasa. Menurut sejarahnya, usahaknalpot ini diciptakan oleh seorang pengusaha di Purbalingga krenceng atau dandangyang berbahan kuningan, Hasan Yusuf.

Namun, karena mengalamikerugian yangbesar, ia beralih membuat knalpot pada kendaraan di zaman itu, sekitar tahun 1970-an di Jakarta. Berawal dari menitip knalpot pada beberapa toko onderdil saja. Usaha kerasnya menghasilkan ide kreatif hingga saat ini.

Sekitar 1980-an seorang kakek ini mampumembeli tanah dan mendirikan bengkel yang besar Jakarta Timur. Hingga membukacabang banyak yang dikelola oleh anak-anaknya. Dahulu ketika selagi berjaya hampir setiap orang kampungnyaditarik dandiajarkan olehnya cara membuat, memasang hingga memasarkannya.

Sampai padasaat itu, ia pernah dijumpai seorang pengusaha China untuk bergabungdalamperusahaan otomotifnya, dan ditolak secara mentah-mentah. Sebagai bentuk penghargaan kepada para pengrajin knalpot, Pemerintah daerah KabupatenPurbalingga, membuat dan dipasangkan simbol knalpot yang sangatbesar danseringkali mengikuti event-eventbesar, PRJ tiap tahunnya.

Dan kini Pesayangan, lokasi kakek itu lahir, dijadikan pusat industri besar knalpot. Tak akan bosan melihat pesona di dunia otomatif tersebut.

Pesayanganpun dibuatkan sebuahpatung yang sedang memahat knalpot. Selain industri rambut dan knalpot, terdapat banyak industri wisata yang menjadi andalan sumber pendapatan daerah Kabupaten Purbalingga.

Komentar