Fokus Berita Barlingmascakeb

Walau Terkendala Bahasa, PK Bapas Nusakambangan Tetap Profesional Tunaikan Tugas

walau terkendala bahasa pk bapas nusakambangan tetap profesional tunaikan tugas
walau terkendala bahasa pk bapas nusakambangan tetap profesional tunaikan tugas

NUSAKAMBANGAN, KANAL BANYUMASAN – Kamis, 17 Februari 2022, Petugas Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan menjalankan tugas pengambilan data ke rumah penjamin Klien pemasyarakatan.

Pengambilan data dilaksanakan untuk melengkapi Litmas program Pembebasan Bersyarat yang diajukan oleh salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kembang Kuning Nusakambangan.

Perjalanan menuju rumah penjamin menempuh jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 90 KM, karena penjamin berdomisili di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat.

Wilayah Kabupaten Cilacap yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat menjadikan Kabupaten Cilacap memiliki keunikan dalam kebudayaan dan bahasa, yang mana terdapat sebagian penduduk yang merupakan penutur bahasa sunda.

Kunjungan Pembimbing Kemasyarakatan menuju rumah penjamin di Wanareja turut menambah pengalaman dalam pengambilan data di lapangan.

Perbedaan bahasa menjadi tantangan tersendiri dalam wawancara pengambilan data, karena penjamin merupakan penutur bahasa sunda.

Perbedaan bahasa tidak menjadi hambatan bagi Pembimbing Kemasyarakatan dalam melakukan pengambilan data, justru di sini dibutuhkan profesionalisme Pembimbing Kemasyarakatan untuk menyelesaikan tugas.

Dengan pendekatan dan improvisasi dalam berkomunikasi, tugas pengambilan data penjamin dapat berhasil diselesaikan.

Sehingga pembuatan Litmas program Pembebasan Bersyarat dapat dilanjutkan karena data yang diperlukan sudah dilengkapi, dalam hal ini yaitu data penjamin.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait