Lezatnya Gulai Melung Bu Hadi di Purbalingga

oleh

PURBALINGGA, KANAL BANYUMASAN – Daging kambing bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat yang menggugah selera, seperti sate, tongseng, sop, kambing guling, hingga menjadi campuran nasi goreng. Nah ternyata nih, daging kambing juga tidak kalah lezatnya kalau diolah menjadi gulai. Seperti yang dilakukan oleh Bu Hadi di Purbalingga.

Gulai Melung, itulah nama gulai hasil olahan Bu Hadi yang sangat populer di Purbalingga. Kelezatannya tidak perlu diragukan lagi karena setiap harinya banyak pembeli yang antre untuk membeli Gulai Melung buatannya ini.

Bu Hadi sudah berjualan Gulai Melung sejak tahun 1980. Berarti, sudah 40 tahun Bu Hadi berjualan Gulai Melung, tepatnya sejak tahun 1980. Saat awal berjualan Gulai Melung Bu Hadi berjualan di pasar Kejobong dan hanya berjualan pada hari Selasa dan Sabtu. Hal ini terus dilakukannya selama 15 tahun.

Mariyati atau biasa disebut Bu Hadi, pemilik warung Gule Melung mengatakan dia sengaja memilih kambing yang sudah cukup tua untuk dimasak menjadi gule.

“Beda kalau buat bikin sate, itu pakai kambing muda. Kalau saya, untuk membuat gule, justru milih kambing yang tua, supaya kalau dimasak tidak banyak susut beratnya,”jelas Bu Hadi yang tidak memasukkan sate dalam daftar menu di warung yang mulai beroperasi sejak tahun 2007 itu.

Daging kambing akan dimasak di atas tungku (pawon) dengan bahan bakar kayu bakar. Sehingga rasanya lebih khas. Empuk dagingnya juga benar-benar berbeda.

Ketika akan dihidangkan, gule disajikan terpisah dari kuah santan kaya rempah. Selain gule, di meja juga akan disajikan sepiring iga dan sepiring dengkil atau kaki kambing, yang semuanya dimasak kering.

“Makannya dengan ketupat yang sudah diiris, sehingga bumbu kuahnya terasa enaknya,” imbuh Bu Hadi yang juga menyediakan nasi bagi yang tidak begitu suka ketupat.