Mendongkrak Potensi Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Purbalingga

by

PURBALINGGA, KANAL BANYUMASAN – Industri pariwisata di Kota Perwira saat ini tumbuh pesat. Pandemi yang melanda hampir seluruh daerah dunia.Membuat dampak yang luar bisa di seluruh sektor kehidupan. Sektor pariwisata belum pulih benar. Dalam setahun terakhir, di Purbalingga yang kini sudah punya 50 tempat unggulan, menunda sejenak gairah bangkit kembali.

Ada banyak pihak menaruh harapan paska lebaran, ekonomi sudah pulih benar. Dengan dibukanya bandara udara Jendral Besar Sudirman 22 April 2021, industri pariwisata harus tumbuh seiring dengan operasionalisasi Bandara.

Keberadaan bandara yang akan mulai beroperasi April 2021 ini harus menjadi daya ungkit pengembangan wisata di Purbalingga.

Pelaku wisata Purbalingga harus siap mengambil kesempatan dari hadirnya bandara. Jangan sampai, keberadaan bandara justru menguntungkan daerah lain.Purbalingga memiliki potensi pariwisata yang sangat besar seperti wisata alam, pedesaan, religi, sejarah dan budaya.
Wisata Ziarah Makam Sayid Mansyur Purbalingga.

Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah berada di antara cekungan-cekungan dari beberapa rangkaian pegunungan yang ada di sekitarnya. Di sebelah Utara merupakan rangkaian pegunungan dari Gunung Slamet dan dataran tinggi Dieng, sedangkan bagian Selatan merupakan Depresi Serayu yang dialiri oleh dua sungai besar yaitu kali dan anak sungainya yaitu kali Pekacangan.

Dari kali Pekacangan ini bertemu anak sungai Klawing dan akhirnya bermuara menjadi satu menjadi sungai Serayu. Saat ini potensi batu akik sungai Klawing sedang booming, setelah pesona batu pancawarna dan nagasui menjadi juara internasional di majalah Gramstone. Selain potensi batu pancawarna Klawing, ada juga potensi batu akik bahkan batu warna yang ada di Kec Karanganyar, Mrebet, Karangmoncol dan Rembang serta sepanjang sungai Pekacangan.

Ada beberapa tempat wisata di Purbalingga yang terkenal sampai ke daerah di luar kabupaten Purbalingga, dan juga digemari oleh kebanyakan orang. Kabupaten Purbalingga sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan ibu kotanya yaitu Purbalingga.