Mitos Bulan Suro dan Laut Selatan Jawa

oleh

CILACAP.INFO – Bulan suro atau Syura adalah bulan yang masuk dalam kalender islam bertepatan dengan Muharram. Sedangkan bulan muharram bagi masyarakat muslim merupakan tahun baru islam.

Namun masyarakat di indonesia masih mempercayai bahwa bulan suro adalah bulan yang sakral dan keramat. Hal-hal terkait Fenoma mistis dan ghaib pada bulan ini juga dikaitkan.

Konon, apabila pada bulan ini menemukan uang sebaiknya tidak di ambil, pasalnya jika diambil maka akan berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan sendirian ketika berada di suatu tempat, pasalnya bisa diculik oleh makhluk tak kasat mata. Wallahu’alam.

Baca Juga :   Pemkab Cilacap terus mendorong sektor UMKM

Ngerinya pantai selatan jawa yang langsung berhadapan dengan samudera hindia. Ombaknya terkenal cukup tinggi dan karena ombak nya yang tinggi itu, tak ayal jika sebentar lagi Pantai Widarapayung di Kecamatan Binangun akan ada Event Berselancar tingkat nasional.

Sering terjadi gempa bumi di laut barat daya cilacap, dan bisa menjalar juga dirasakan hingga daerah yang dekat dengan pesisir selatan jawa.

Mitos di bulan syuro juga masih dipercaya oleh sebagian masyarakat di pesisir selatan jawa. Apabila waktu bulan syuro maka ada baiknya tidak melaut karena rawan.

Baca Juga :   Polsek Cilacap Tengah Berhasil Meringkus 5 Pelaku Judi Kartu

Begitulah kisah dan komentar dari para netizen ketika membaca berita 2 Nelayan hilang di pantai Lengkong, Mertasinga, Kecamatan Utara.

Basarnas Pos Sar Cilacap Mulwahyono mengerahkan Timnya beserta perlengkapan untuk menyesuri pantai lengkong.

Seperti dikatakan bahwasanya 2 orang nelayan hilang ketika hendak kembali dari mencari ikan. Namun nahas, perahu yang mereka tumpangi terhantam ombak dan terbalik Senin 16 September 2019 kemarin.

Perahu yang berisikan 3 nelayan itu, 1 diantaranya selamat sedang 2 lainnya tenggelam tergulung ombak pantai selatan jawa.